Langsung ke konten utama

Ilmuwan AS Akan Ciptakan Sperma Manusia dari Sel Induk

Peneliti Amerika Serikat akan melipatgandakan upaya mereka untuk bisa menciptakan sperma manusia dari sel induk menyusul keberhasilan penelitian di Jepang yang melibatkan tikus.

Sebelumnya, tim Kyoto University menggunakan sel induk tikus untuk membuat telur, yang bisa dibuahi untuk menghasilkan bayi tikus.

Studi di Jepang menjadi tonggak, kali pertamanya mamalia dibuat dari sel induk. Para peneliti di Kyoto University mengklaim mereka telah mendemonstrasikan bagaimana menumbuhkan telur dan sperma dalam laboratorium dan mengkombinasikannya untuk menghasilkan keturunan yang nampaknya sehat.

Kembali ke produksi sperma manusia, Dr Renee Pera dari Stanford University, California mengatakan, timnya akan menciptakan sperma manusia yang bisa digunakan untuk reproduksi dalam waktu dua tahun, kemudian giliran sel telur dalam waktu 5 tahun.

Latar belakang penelitian kontroversial itu adalah, untuk mengatasi infertilitas yang mempengaruhi lebih dari 15 persen pasangan berusia produktif di seluruh dunia.

"Orang-orang pasti akan berpikir, ini adalah kedokteran Frankenstein, namun ini terkait masalah kesehatan yang tak bisa disepelekan, infertilitas akan mempengaruhi keseluruhan hidup Anda," kata Pera. "Berhubungan seksual dan memiliki bayi mungkin adalah keputusan super-sederhana. Tapi tidak semua orang bisa melakukannya."

Namun, penggunaan sel induk embrio dalam penelitian, yang dilakukan laboratorium Institute for Stem Cell Biology and Regenerative Medicine, menjadi kontroversi, sebab embrio harus dihancurkan agar sel induk bisa digunakan.

Laboratorium Dr pera menggunakan embrio yang tersisa dari perawatan fertilisasi in vitroatau IVF. Sel induk memiliki potensi untuk tumbuh menjadi sel apapun di dalam tubuh. Membuat telur di laboratorium bisa menjadi mainstream, seperti halnya IVF saat ini.

Pera mengatakan, ada sekitar 1 juta hingga 1,5 juta embrio yang dihasilkan di AS menggunakan IVF, dan lebih dari 500.000 embrio dibuang. Hanya sekitar 500 dari embrio yang digunakan untuk penelitian. "Orang-orang lebih mengkhawatirkan yang 500 daripada 500.000 yang dibuang," kata Pera.

Dengan menciptakan sperma dan telur dari sel batang embrio, para ilmuwan berharap bisa lebih memahami proses reproduksi dan embrio. Secara klinis, ini akhirnya bisa memberikan alternatif baru untuk pasangan mandul yang ingin memiliki anak biologis.

Lab Pera juga berhasil membuat sperma dan telur "primitif" di masa lalu, namun tak cukup baik untuk digunakan dalam reproduksi manusia. Sel yang dihasilkan mutlak harus sempurna. Sebab, satu kesalahan dalam genom dapat menyebabkan penyakit yang merusak pada anak.

Ilmuwan bisa saja nekat menyuntikkan sperma ke sel telur, lalu melihat apa yang terjadi. "Tapi Anda hanya bisa melakukannya pada tikus, bukan pada wanita."

Jika berhasil, teknologi secara signifikan dapat membalikkan jam biologis wanita. Itu adalah berita bagus bagi banyak perempuan yang menunda memiliki bayi untuk mengejar karir, dan bagi wanita yang tidak bisa hamil karena pengobatan kanker.

Tapi itu menimbulkan isu etika baru: siapa yang akan memutuskan kapan seorang wanita terlalu tua untuk hamil?

"Itu adalah salah satu kekhawatiran utama dari teknologi seperti ini , pada usia berapa perempuan diperbolehkan untuk bereproduksi," kata Pera.

Ada batasan usia di sejumlah negara yang mempertimbangkan risiko kesehatan yang bisa dihadapi seorang perempuan hamil. Sumber: BBC

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ilmuwan Berhasil Menemukan Letak Terompet Malaikat Isrofil

Sekitar tahun 2005 silam sekelompok ilmuwan yang dipimpin oleh Prof. Frank Steiner dari Universitas Ulm, Jerman melakukan observasi terhadap alam semesta untuk menemukan bentuk sebenarnya dari alam semesta raya ini sebab prediksi yang umum selama ini mengatakan bahwa alam semesta berbentuk bulat bundar atau prediksi lain menyebutkan bentuknya datar saja.

Dengan menggunakan sebuah peralatan canggih milik NASA yang bernama “Wilkinson Microwave Anisotropy Prob” (WMAP), mereka mendapatkan sebuah kesimpulan yang sangat mencengangkan karena menurut hasil penelitian tersebut alam semesta ini ternyata berbentuk seperti terompet..!!

Di mana pada bagian ujung belakang wilayah “terompet” alam semesta itu merupakan alam semesta yang tidak bisa diamati (unobservable), sedang bagian depan, di mana bumi dan seluruh sistem tata surya berada merupakan alam semesta yang masih mungkin untuk diamati (observable)



Beginilah bentuk cosmos jagat raya yang ditemukan oleh saintis, berbentuk terompet. Semakin …

Keajaiban Sholat Subuh

••KEAJAIBAN SHOLAT SUBUH••


Assalamu'alaikum........
Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Kenapa Harus Bangun pagi buta untuk Sholat Subuh??

Bagi seorang muslim mungkin pertanyaan ini dengan mudah dijawab ; karena sholat subuh adalah bagian dari ibadah wajib yang harus dikerjakan sebagai bukti ketaatan pada Tuhannya.
Tapi kenapa ya harus pagi buta gitu sholatnya?? lagi enak-enak tidur kok disuruh sholat.???

Pertanyaan-pertanyaan ini untuk sebagian orang mungkin dianggap bodoh dan bisa dianggap nyeleneh. Tapi untuk orang-orang yang berfikir ilmiah pertanyaan tersebut adalah stimulasi ide besar untuk pembuktian.
Kenapa harus dibuktikan?? Yang jelas tidak ada satu halpun yang Allah dan Rasul-Nya perintahkan kepada umatnya tanpa kebermanfaatan. Jika kita amati, ada satu hal yang berbeda dari ritual sholat subuh dibandingkan sholat lima waktu lainnya.

5 Pusat Pelacuran Di Timur Tengah

Mayoritas penduduk beragama Islam tidak menjamin praktik pelacuran hilang. Justru sebaliknya, tumbuh subur. Jual beli jasa pemuasan nafsu ini memang bisnis paling tua dan menggiurkan sebab dinilai memberikan kesenangan untuk pelanggan maupun pelaku.

Merdeka.com menemukan setidaknya ada lima negara mayoritas muslim mempunyai wilayah prostitusi sah atau tidak di mata hukum, biasa disebut wilayah merah. Meski demikian, banyak pejabat pemerintahan maupun penegak hukum tutup mata sebab mereka juga mendapatkan keuntungan dari pungutan liar.

Negara Islam mana saja melakukan praktik prostitusi? Dilansir dari BBC dan Wikipedia, Berikut ulasan pelacuran di negeri paling banyak muslim.

1. Turki
Ibu Kota Istanbul, Turki, menjadi sorotan dunia sebab mensahkan praktik pelacuran. Mereka yang menginginkan penyaluran birahi, dapat datang ke Jalan Kadem. Di situ puluhan penjaja seks menawarkan diri tidur dengan bayaran Rp 200 ribu per jam. Jangan lupa untuk memberikan uang lebih.

Wilayah merah ini khus…