Featured Post

7 Negara Yang Mampu Selamatkan Diri Dari Krisis

Resesi akbar yang berlangsung sejak th. 2007 serta tetap tersisa hingga saat ini bikin banyak negara nyaris pailit. banyak pemain besar perekonomian dunia juga terkena imbasnya, perkembangan ekonomi mereka melambat. 


Resesi ini juga yang meruntuhkan banyak institusi finansial besar di beragam negara, bank-bank terpaksa menggelontorkan dana talangan ( bailout ) serta ambruknya pasar saham. di lebih dari satu negara, sektor perumahan anjlok, usaha-usaha tutup efek turunnya daya beli serta jumlah pengangguran meroket.


negara adidaya jenis Amerika serikat serta China wajib gigit jari dengan turunnya perekonomian mereka. negara-negara eropa wajib berjuang menutupi utang mereka, memberlakukan pengetatan biaya, berujung pada kesengsaraan rakyat. kerusuhan di mana-mana.


Akan tetapi, ditengah carut-marut ekonomi global, ada lebih dari satu negara yang tetap stabil, apalagi meningkat perekonomiannya. jurnal ekonomi serta politik as, foreign policy, bln. ini merangkum tujuh negara yang selamat dari krisis 2007, satu diantaranya tercatat merupakan indonesia. tersebut disini daftar ke tujuh negara tersebut :

1. Korea selatan
Kemajuan korsel ditengah krisis ekonomi dunia tidak lepas dari mimpi presiden lee myung-bak untuk jadikan negara itu sebagai negara kelas satu. kala mewujudkan mimpinya, lee menaikkan riset, pengembangan dan inovasi dari 3, 4 prosen jadi 5 prosen dengan perlindungan subsidi pemerintah. tercatat, lebih dari satu perusahaan layaknya samsung, kia serta hyundai menangguk untung di sementara yang lain terpuruk.


korsel merupakan negara pertama yang bangkit dari resesi pada th. 2009. pendapatan penduduk korsel meningkat sangat cepat di dalam 11 kuartal paling akhir. instansi pemeringkat utang fitch pada september th. ini menentukan korsel sebagai negara surga untuk banyak investor.

2. Polandia
Dulu, polandia di kira sebagai negara sekurangnya menjanjikan di eropa timur, tertinggal jauh dari republik ceko serta slovenia. akan tetapi, krisis eropa lantas barokah tersendiri untuk polandia. ekonomi negara ini meningkat 15, 8 prosen pada 2008 serta 2011, di sementara ekonomi eropa turun sampai setengahnya. perihal ini tidak lain berkat kebijakan fiskal serta keuangan polandia yang brilian, tingkat utang yang rendah serta pasar yang luas untuk kastemer domestik.


masyarakatnya juga turut andil menyumbang peningkatan ekonomi polandia. pekerja di negara ini bekerja lebih lama 500 jam per th. dibanding jerman, dengan upah yang lebih kecil. alhasil, polandia merupakan hanya satu negara di uni eropa yang tidak terimbas krisis terparah pada 2009.


3. Kanada
Tahuh. ini untuk pertama kalinya selama histori, penduduk kanada lebih kaya ketimbang penduduk amerika serikat. meskipun sebenarnya dua dekade lantas, kanada jatuh bangun hadapi utang serta perkembangan yang minim.

kesuksesan kanada menanggulangi krisis ekonomi merupakan berkat penghematan yang mereka jalankan sejak th. 1990an. ditengah investasi pemerintah yang masif di bidang infrastruktur, perdana menteri saat itu, paul martin, juga mengeluarkan kebijakan yang melarang sektor perbankan jalankan praktik-praktik beresiko serta membahayakan institusi finansial yang lain.

pakar ekonomi mencatat, pendapatan kanada meningkat 15 prosen di dalam 10 th. paling akhir. kanada juga ialah 10 negara yang layak untuk area hidup.

4. Swedia
Sementara krisis finansial menimpa swedia pada 1992, pemerintah segera ambil alih lebih dari satu bank. swedia memotong pajak yang tinggi dari perusahaan-perusahaan serta individu, serta memakai beberapa besar biaya untuk pendidikan serta kesehatan.

Pemerintah swedia sanggup melindungi utang mereka konsisten rendah, kira-kira 38 prosen dari gdp. swedia tercatat sebagai negara dengan ekonomi tercepat-tumbuh se-eropa pada 2011 sesudah estonia. nilai mata duwit krona juga terus melampaui euro.

5. Indonesia
Foreign policy menuliskan, indonesia tertolong oleh rasa yakin diri pemerintah serta rakyat yang luar biasa tinggi. jumlah delapan prosen rakyatnya yakin bahwa negara ini bakal jadi negara superpower seterusnya. indonesia juga melampaui india sebagai negara dengan kastemer amat optimis sedunia.


Perkembangan tahunan indonesia stabil, 4, 5 prosen sementara resesi serta duduki perkembangan ke-2 paling tinggi di g-20 sesudah china th. lantas. perkembangan ini berkat komoditi layaknya batu bara, minyak kelapa sawit, serta timah. tingkat kastemer kelas menengah indonesia juga meningkat sangat cepat. penjualan mobil naik 15 prosen per th., berujung pada jadi tambah banyaknya perusahaan otomotif yang investasi. satu diantaranya merupakan nissan yang menaikkan produksi mereka sampai 2 x lipat, atau senilai us$400 juta.

6. Turki
GDP serta pendapatan per kapita turki nyaris meningkat sampai tiga kali lipat ditengah krisis di eropa. turki saat ini jadi produsen mobil terbesar untuk pasar eropa. sebut saja honda, hyundai, renault, toyota serta ford buka pabrik di negara ini.

Kemajuan turki merupakan berkat pemerintahan perdana menteri recep tayyip erdogan yang meliberalisasi investasi serta memperketat regulasi yang membendung korupsi. turki juga udah mengembalikan perannya sebagai jembatan pada eropa serta timur sedang. mitra dagang terbesar turki merupakan jerman, mesir, iran, irak serta arab saudi.

7. Meksiko
Walaupun meksiko populer banyak problem, padanya kekerasan kartel narkoba yang membunuh kira-kira lebih 50. 000 orang di dalam enam paling akhir, akan tetapi ekonominya meroket. perkembangan ekonomi meksiko melampaui brasil th. lantas. kira-kira lebih 700. 000 lapangan pekerjaan tercipta di negara ini pada 2010, menantang dominasi china serta as sebagai produsen alat-alat tempat tinggal tangga.


Inflasi serta tingkat utang meksiko juga benar-benar rendah. untuk pertama kalinya th. ini, tingkat migrasi warga meksiko ke amerika serikat nihil, berarti kemajuan bikin rakyat betah di negaranya sendiri.
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda membantu Admin untuk lebih giat lagi dalam membagikan template blog yang berkualitas. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar