Featured Post

Bukti Baru, Bulan Terbentuk dari Debu Tabrakan Bumi Vs Theia

Bulan tidak nampak demikian saja, bulat, padat serta memantulkan sinar matahari yang menerangi langit malam. beberapa ilmuwan meyakini satelit alami bumi itu terbentuk dari debu hasil tubrukan pada bumi serta planet misterius seukuran mars yang lalu dinamakan theia ( ibu dari dewi bulan didalam mitologi yunani -- selene ). sesuatu tabrakan kolosal yang berlangsung 4, 5 miliar th. lantas.

Temuan beberapa ilmuwan baru-baru ini melengkapi teori terbentuknya bulan, yang diberi nama ‘giant impact’. menambal lubang besar dari misteri yang belum terjawab dari hipotesa pada mulanya.

Versi awal menyebut, bulan beberapa besar terbentuk dari puing theia yang menabrak proto bumi. tetapi, hipotesa jadi punya masalah saat saat ini ilmuwan mendapatkan bahwa bulan serta bumi nyatanya terbentuk berbahan yang sama. apalagi dua studi teranyar menjelaskan bahwa bumi serta bulan dengan geokimia yaitu kembar.


Lantas bagaimana dapat bulan serta bumi mempunyai materi sama ?


Di antara studi dikerjakan oleh matija cuk dari institut seti ( search for extraterrestrial intelligence ) di mountain view, kalifornia serta sarah stewart dari harvard. mereka tawarkan kunci jawaban dari pertanyaan itu : yaitu level rotasi bumi.


Artinya, kegiatan bumi bertindak didalam pembentukan bulan. melewati rotasi yang luar biasa cepat, bumi melempar banyak material -- hasil percampuran puing bumi serta theia -- untuk membentuk bulan.


Penjelasan ini dinilai masuk akal, beberapa ilmuwan berpendapat, tata surya di awal pembentukannya yaitu galeri tembak yang ditandai dengan banyaknya tubrukan besar benda langit, membuat planet-planet berputar dengan kecepatan luar biasa.


Studi Cuk serta Stewart yang dimuat didalam jurnal Science 17 oktober 2012 juga sediakan penjelasan mekanis kenapa level rotasi bumi melambat bersamaan berlalunya waktu.


Sesudah tabrakan, hubungan gravitasi orbit bumi melingkari matahari serta orbit bulan melingkari bumi mengerem level putaran yang tidak teratasi itu, yang selanjutnya rotasi bumi jauh melambat, 1 hari cuma terdiri dari 24 jam.


Cuk serta Stewart tetap memposisikan planet yang menabrak bumi sebagai entitas yang lebih kecil, seukuran mars. tetapi, studi lain yang dipublikasikan jurnal yang sama memikirkan tabrakan yang berlangsung yaitu pada dua planet sama berat.


Didalam tabrakan ini, penabrak serta tujuan tiap-tiap memiliki kandungan lebih kurang 50 % massa bumi sekarang ini, kata robin canup dari southwest research institute di boulder, colorado.


Dari jenis computer diketahui, tabrakan simetris ini membuahkan debu pembentuk bulan, yang komposisinya hampir sama dengan mantel bumi yang baru terbentuk saat itu.


Tanpa bulan, tidak ada kehidupan


Ada lagi studi ketiga masalah jalinan bumi serta bulan di masa-masa awal pembentukannya. bedanya, ia lebih menyoroti peran satelit bumi itu pada kehidupan di bumi.


Analisa dari batuan bulan yang dibawa oleh misi apollo tunjukkan kandungan seng lebih berat, bukti berlangsungnya tabrakan sebagian miliar th. lantas. temuan ini juga semakin memperkuat teori giant impact

Dr. Frederic moynier dari washington university, st louis menyebut, tanpa keberadaan bulan, barangkali tidak dapat ada kehidupan di bumi.


Begini penuturannya. sesudah tabrakan besar berlangsung, bulan mengorbit tambah lebih dekat dari sekarang ini serta mengakibatkan gunakan surut besar setiap sebagian jam. fluktuasi gunakan surut dramatis mendinginkan bumi, mendorong evolusi dramatis DNA primitif layaknya biomolekul.


Untuk hingga pada rangkuman itu, Dr Frederic moynier menganalisa 20 sampel batuan bulan, terhitung dari misi apollo 11, 12, 15, serta 17 yang mendatangi lokasi tidak sama di bulan. juga sesuatu meteorit dari bulan.


Tanpa dampak menstabilkan dari bulan, interaksinya waktu berotasi pada planet manusia, bumi barangkali jadi area yang betul-betul tidak sama : berputar lebih cepat, hari dapat lebih pendek, cuaca lebih ganas, serta iklim yang lebih kacau serta ekstrem. bukan hanya area yang pas untuk evolusi manusia.


sumber : space. com, daily mail 
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda membantu Admin untuk lebih giat lagi dalam membagikan template blog yang berkualitas. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar